Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Kuliah Umum dan Penandatanganan MoA bersama Ketua Umum P2MI se-indonesia

Batusangkar.FUAD - Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Mahmud Yunus Batusangkar kembali menyelenggarakan kegiatan kuliah umum. Kali ini, giliran Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang berkesempatan untuk menghadirkan Ketua Umum Perkumpulan Pengembangan Masyarakat Islam (P2MI) se-Indonesia yakni Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si, sebagai pembicara, pada hari Kamis (1/12) di Aula FUAD. 

Kuliah umum yang dilaksanakan oleh Prodi PMI ini,  dibuka langsung oleh Dekan FUAD,  Dr.  Akhyar Hanif,  M.Ag. Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoA) antara FUAD dengan P2MI se-Indonesia. 

Pada sambutannya, Dekan FUAD menyampaikan bahwa Prodi PMI merupakan Prodi dengan banyak peluang di masa depan, namun juga memiliki berbagai tantangan, dan tantangan tersebut harus ditaklukkan dengan keahlian mahasiswa di Prodi PMI. Prodi PMI ke depannya diharapkan menjadi tombak kemajuan masyarakat islam.

"Prodi PMI merupakan Prodi dengan banyak peluang ke depannya, namun dibalik itu juga memiliki tantangan,  maka tantangan itulah yang harus ditaklukkan dengan keahlian yang ada di dalam Prodi PMI. Karena Prodi PMI ke depannya akan menjadi tombak kemajuan masyarakat islam", ungkap Dr.  Akhyar Hanif,  M.Ag.

Senada dengan yang disampaikan oleh Dekan FUAD, dalam materi kuliah umumnya , Dr. Abdur Rizaki, S.Ag., M.Si, yang juga sebagai Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta sekaligus Ketua Forum WR III PTKIN menyampaikan bahwa PMI adalah Prodi masa depan karena di PMI lah banyak terdapat harapan masyarakat dan Pemerintah. 

"Jangan minder menjadi mahasiswa PMI,  PMI harus bisa bersaing dengan Prodi-Prodi yang sudah maju, Prodi PMI merupakan Prodi masa depan karena di PMI banyak terdapat harapan masyarakat dan Pemerintah", jelas Dr. Abdur Rizaki, S.Ag., M.Si,

Pemateri juga membangkitkan semangat para peserta kuliah umum yakni mahasiswa PMI UIN MY Batusangkar dengan menyampaikan bahwa Prodi PMI adalah Prodi yang mencetak para generasi yang memiliki multisains. Prodi PMI merupakan Prodi yang mengkolaborasikan persoalan dunia dengan akhirat.  Terlihat pada titik tekan Prodi yaitu "Pengembangan Masyarakat Islam", artinya yang menjadi titik tekan pengembangan itu adalah semua lini kehidupan manusia,  tidak hanya ekonomi dan sosialnya, tapi juga bidang keagamaannya. 

"Prodi PMI dapat mencetak para generasi yang memiliki multisains, dengan mengkolaborasikan persoalan dunia dengan akhirat.  Terlihat pada titik tekan Prodi yaitu Pengembangan Masyarakat Islam, artinya yang menjadi titik tekan pengembangan itu adalah semua lini kehidupan manusia,  tidak hanya ekonomi dan sosialnya, tapi juga bidang keagamaannya", ungkap beliau.

Tidak hanya itu, beliau juga meyampaikan bahwa masyarakat islam Sumatera Barat merupakan masyarakat Islam yang paling membumi dengan filosifinya "adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah".

"Kita masyarakat islam ini ada yang benar-benar bisa menjadi landasan bagi masyarakat dalam memahami kehidupannya atau membumi, ada pula yang tidak. Nah di sini masyarakat islam yg paling membumi yaitu masyarakat islam Sumatera Barat dengan filosofinya,  adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah", tutup beliau. (JH)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Profil Pimpinan

Tabloid Al-Fitrah Edisi 2 2022

Tabloid Al-Fitrah Edisi 1 2022

Total Pengunjung

Youtube

Fanspage