Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Perdana, HMJ Jurnalistik Islam Gelar Islamic Journalism Introduction Festival


Batusangkar.FUAD - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Islam IAIN Batusangkar sukses gelar acara perdana bertajuk Islamic Journalism Introduction Festival. Bertempat di Aula Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) pada Kamis, tanggal 31 Maret 2022. Kemeriahan festival ini dibalut dalam tiga rangkaian kegiatan sekaligus, yakni lomba vidio kreatif, Sosialisasi Jurusan Jurnalistik Islam, dan seminar jurnalistik.

Acara yang dikemas dengan sistem festival dan blended seminar ini diangkat oleh bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO) HMJ Jurnalistik Islam periode kepengurusan 2022. Mengangkat tema "Eskalasi Orientasi Jurnalistik Melalui Literasi dan Ajang Kreativitas Demi Terwujudnya Generasi Milenial yang Kredibel dan Berkualitas", pengurus dan panitia berharap acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sampainya tujuan pada peserta. 

Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengenalkan jurusan Jurnalistik Islam yang merupakan jurusan baru di IAIN Batusangkar. Meski Jurusan ini termasuk baru, namun kebutuhan akan kompetensi jurnalis sangat besar di era masyarakat informasi yang seharusnya telah mencapai target literasi digital. Selaras dengan pernyataan Dakan FUAD, Dr. Akhyar Hanif, M.Ag, "pekerjaan Jurnalis adalah pekerjaan mulia karena dapat menggali dan menyampaikan pesan kepada khalayak luas, dan dapat "disetarakan" dengan jihad mengingat pekerjaan tersebut dituntut untuk menyampaikan berita yang benar kepada publik". Menjawab tantangan tersebut, yang menjadi target acara ini adalah masyarakat umum, artinya siapa saja boleh ikut.

Suksesnya acara ini tak luput oleh kehadiran dua pemateri Dosen muda Jurnalistik Islam yakni Oktri Permata Lani, M.I.Kom dan Refika Mastanora, S.Kom, M.I.Kom. Beliau menyampaikan materi seputar jurnalistik dengan kemasan bahasa yang menarik untuk dikonsumsi para peserta. Salah satunya  "Ketika kita sudah paham dengan kegiatan dan dasar dari seorang jurnalis, maka kita akan mudah menjadi citizen journalism dan mengaplikasikannya dalam jurnalisme online", ucap Oktri dalam salah satu kesempatan seminar. 

Dibuka secara langsung oleh Dekan FUAD, acara ini dapat berlangsung hikmat dan semangat hingga akhir. “ Peserta nampak sangat antusias dan semangat” pungkas Ketua Panitia Muhammad Akbar. Sumber : fuadnews.wixsite.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Youtube

Fanspage