Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

FUAD Selenggarakan Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Padang.FUAD – Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar selenggarakan Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di Hotel Whiz Kota Padang. Workshop ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada Selasa 6 April 2021 sampai dengan Kamis 8 April 2021. Pada kesempatan ini, panitia penyelenggara workshop megangkat tema "Transformasi Menuju Kampus Merdeka Belaja". Diharapkan, setelah mengikuti workshop, FUAD dapat menerapkan MBKM sesuai dengan konsep dan semangat dari Mendikbud.

Workshop MBKM ini langsung dibuka oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dan beliau sekaligus menjadi pemateri pertama. Dalam pembukaanya, beliau mengapresiasi serta menyambut baik langkah yang dilakukan oleh FUAD untuk menyelenggarakan workshop MBKM ini. MBKM sendiri merupakan kebijakan Mendikbud yang memfasilitasi hak mahasiswa untuk belajar di luar program studi. Di mana mahasiswa tersebut diharapkan dapat mengasah skill di luar dari program studinya, serta mampu menjadi pembelajar sejati yang terampil , lentur dan ulet.

Pada dasarnya, semangat MKBM adalah untuk menghasilkan lulusan sebagai SDM unggul sebagai generasi yang tanggap dan siap menghadapi zamannya, tanpa tercerabut dari akar budaya bangsanya. Semangat inilah yang coba diterapkan oleh FUAD, sesuai dengan yang disampaikan oleh Dekan FUAD Dr.Akhyar Hanif, M.Ag. Beliau mengatakan, “lulusan nantinya harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama dalam bidang teknologi, sebab perkembangan teknologi saat ini sangat luar biasa, jika kita tidak bisa mengikuti perkembangannya maka kita akan tertinggal”.

Sementara itu, Wakil Dekan bidang akademik Dr.Irman, S.Ag., M.Pd yang menjadi penanggung jawab dari penyelenggaraan workshop ini berharap, nantinya FUAD dapat menjadi leading sector dari penerapan MBKM di lingkungan IAIN Batusangkar. “Walaupun FUAD bukan yang pertama menerapkan MKBM, akan tetapi semoga FUAD dapat menjadi yang terdepan dalam menerapkan MBKM ini”, ungkap beliau.

Workshop MKBM ini berlangsung dengan menarik dan penuh dengan informasi dari para pemateri yang didatangkan dari Universitas Andalas yakni  Lucky Zamzami, M.Soc.Sc., PhD, dan Universitas Muhammadiyah Riau yakni Sri Fitria Retnawaty, S.Si., M.T. Workshop ini ditutup dengan penyampaian hasil diskusi dari perwakilan setiap  Prodi FUAD mengenai bentuk MBKM yang akan diimplementasikan pada Prodinya. (ZN/JH)

 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage