Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Dukung Program Kementerian Agama, Dosen FUAD Ikuti Pelatihan Moderasi Beragama


Batusangkar.FUAD – Sebanyak 10 orang Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah mengikuti Pelatihan Teknis Moderasi Beragama. Pelatihan yang berlangsung selama enam hari ini dimulai pada hari Senin 29 Maret 2021 sampai dengan hari Sabtu 3 April 2021. Pelatihan ini merupakan langkah kongrit dari IAIN Batusangkar untuk mensukseskan pencapaian Visi Kementerian Agama.

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan satu dari  lima arahan utama yang ditetapkan oleh Presiden R.I dalam mencapai sasaran Visi Indonesia 2045. Hal tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Salah satu strategi yang dicanangkan untuk mencapai target pembangunan SDM tersebut diperlukan Pembangunan Karekter yang di dalamnya termuat program Moderasi Beragama.

Dalam rangka menyukseskan pencapaian Visi Indonesia 2045 tersebut IAIN Batusangkar sebagai perguruan tinggi dituntut mengambil peran dalam mewujudkannya. Terlebih lagi, mewujudkan kerukunan umat beragama merupakan salah satu komponen dari Visi Kementerian Agama 2020-2024 yang harus dijabarkan dalam bentuk program kerja oleh satuan kerja dibawahnya, termasuk IAIN Batusangkar. 


Langkah kongkrit yang dilakukan oleh IAIN Batusangkar dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia tersebut salah satunya dengan melakukan Pelatihan Teknis Moderasi Beragama Bagi ASN yang ada di IAIN Batusangkar. Kegiatan yang dilaksanakan mulai hari Senin s.d Sabtu tanggal 29 Maret s.d 03 April 2021 ini dapat terwujudkan dengan adanya kerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang melalui program kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK).


Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd  tersebut menghadirkan peserta sebanyak 38 orang ASN yang terdiri dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dalam kata sambutannya mewakili Rektor, Ridwal menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Pimpinan BDK Padang atas kegiatan yang dapat terlaksana tersebut. Bukan hanya karena kegiatan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh IAIN Batusangkar,  namun juga karena pembiayaan yang sepenuhnya berasal dari DIPA BDK Padang. Wakil Rektor juga berharap kedepannya akan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan kerjasama sejenis ini dapat dilakukan di IAIN Batusangkar.(iGe/ZN/JH)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage