Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Dosen dan Mahasiswa Prodi IPII Lakukan Pembinaan dan Pengabdian Masyarakat di Yayasan Shuwo Sungayang

Tanah Datar. IPII – Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar telah melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat dan pembinaan perpustakaan di Yayasan Shuwo. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoA antara Yayasan Shuwo dengan FUAD IAIN Batusangkar pada hari Jum'at, 15 Januari 2021. Ini merupakan wujud tindak lanjut tersebut dan dimulai dengan penjajakan dan pemetaan kegiatan pembinaan perpustakaan tanggal 19 Februari 2020.

Kegiatan ini di hadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Alimin, Lc., M.A., Ketua Prodi, dosen IPII dan mahasiswa, penanggung jawab kegiatan Sri Wahyuni, M.IP.

Tahap awal, kegiatan dilakukan pemetaan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana  pelaksanaan teknis dalam pembinaan perpustakaan, jumlah mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan, dan jadwal schedule jadwal dalam seminggu (rumah baca Yayasan Shuwo) yang disampaikan oleh Wakil Dekan dan menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa IPII untuk mengembangkan pengetahuan dan skill dalam pengelolaan perpustakaan dan Yayasan Shuwo juga memfasilitasi segala hal tersebut, dan juga didukung jika nanti ada kelanjutan kegiatan akan berlanjut sampai perpustakaan berbasis online


Disamping itu juga Yayasan Shuwo dan perpustakaan juga berkolaborasi dengan badan perpustakaan tanah datar dan fuad dalam mengembangkan perpustakaan nagari yang ada di tanah datar yang dipelopori awal dari Yayasan Shuwo. Harapannya rumah baca Yayasan Shuwo menjadi ikon dari perpustakaan nagari se-Tanah Datar. Perpustakaan saat ini bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat untuk mengubah kehidupan masyarakat (kata pembina yayasan Shuwo: Aslim Nurhasan).

Ketua Program Studi IPII, Ummul Huda, M.Pd., juga mengutarakan dg ada kegiatan dg pembinaan ini merupakan ajang mereka untuk mengasah kemampuan mereka secara langsung bisa mengetahui profesi pustakawan. juga sebagai profesi promosi visi misi prodi IPII dan menyesuaikan dg misi jurusan yaitu: Menjalankan program pemberdayaan masyarakat dalam bidang IPII yang berkearifan lokal.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti inventaris koleksi, pengklasifikasian buku, dan pelebelan buku dan terakhir menginput data di sistem informasi. Kegiatan ini dilakukan selama seminggu 3 kali dengan jumlah mahasiswa 10 org per-kegiatan. Setiap mahasiswa kita bagi per jobdesk untuk menyelesaikan pengolahan buku secara sistematis

Rumah baca yayasan Shuwo ini diperuntukkan untuk masyarakat khusus nagari tanjung dan secara luas dan memilik 2000 koleksi buku dan berbagai jenis koleksi diantaranya koleksi fiksi, koleksi umum, agama dan referensi bacaan lain. Perencanaan kegiatan pekerjaan satu bulan dimulai dari tanggal pertengahan Februari sampai pertengahan Maret 2021. (hm)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage