Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

FUAD Kukuhkan Diri Sebagai Jawara Mahasiswa Berprestasi 2020

Batusangkar – Institut Agama Islam Negri Batusangkar sukses gelar acara Pilmapres 2020, pilmapres adalah acara pemilihan mahasiswa berprestasi. Acara ini perdana diadakan di IAIN Batusangkar pada tahun 2020. Acara ini sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu. Pilmapres ini dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. selaku Rektor IAIN Batusangkar pada Selasa, (03/11) di Auditorium IAIN Batusangkar.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dan pemberian arahan oleh bapak Dr. Sirajul Munir, M.Pd. selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama, yang diadakan di ruang pertemuan Dosen. Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor, wakil Rektor, Dekan fakultas selingkup IAIN Batusangkar, dewan juri, para finalis, pemateri serta lembaga selingkup IAIN Batusangkar. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan parade dan pengenalan finalis pilmapres, puncaknya saat pengumuman pemenang Duta Institut Agama Islam Negri Batusangkar 2020, yang dimenangkan oleh Hafizah Al-Husna seorang Mahasiswi jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Tamu undangan yang hadir tidak banyak, karena keadaan yang masih dalam masa pandemi membuat panitia membatasi jumlah tamu yang diundang. Hafizah AL-Husna (pemenang duta institut) mengatakan “Untuk tahapan penyeleksiannya dimulai dari seleksi di jurusan, setelah itu perwakilan setiap jurusan diseleksi lagi oleh pihak fakultas dan terakhir perwakilan dari fakultas lanjut pada tahap seleksi tingkat institut. Fakultas ushuluddin adab dan dakwah ada 3 jurusan yang terpilih, yaitu jurusan PPI, IAT dan Psikologi Islam”

Hafizah Al-Husna juga mengatakan bahwa “ada beberapa persyaratan untuk peserta dimana syarat Umumnya IPK untuk jurusan sosial 3,50 dan jurusan eksak 3,25, sedangkan syarat khususnya yaitu peserta pernah mengikuti lomba, baik itu tingkat institut, kecamatan, kabupaten provinsi Nasional ataupun internasional. kemudian satu lagi Membuat karya tulis ilmiah, dan lain-lain.”

Sistem penilaiannya dari Institut yaitu menguasai beberapa bahasa, kemampuan dalam pedagogik, kemampuan intelektual serta kemampuan dalam komunikasi dan berinteraksi. Meski acara sempat tertunda dari jadwal yang ditentukan, terlepas dari itu tidak ada kendala berarti yang terjadi.

“Motivasi saya untuk mengikuti acara ini agar bisa memberikan kontribusi pada IAIN Batusangkar dan mengembangkan potensi mahasiswa, selain itu ingin mengekspor IAIN Batusangkar ke tingkat nasional dan internasional serta bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri, jurusan, fakultas, institut dan negara. Saya juga merasa bersyukur dan bangga karena diamanahkan menjadi duta Institut”. Tutur Hafizah Al-Husna selaku finalis dan pemenang pilmapres ini.

Ketua jurusan Psikologi Islam Sisra Zeni, S.Psi., M.Pd. berkata “Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan bangga ketika mahasiswa Psikologi Islam meraih prestasi menjadi duta pilmapres 2020. Acaranya juga sangat bagus untuk mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa untuk lebih maju”.

Hafizah al-Husna juga mengungkapkan kebahagiannya “saya pribadi merasa senang, bahagia, dan bangga, semoga dengan prestasi-prestasi yang seperti ini, saya biasa mengharumkan nama Institut Agama Islam Negri Batusangkar baik ke kancah Nasional maupun Internasional kedepanya.”(Angel,Kirana)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage