Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Kelola Stress dan Kesehatan Mental Bersama HMJ Psikologi Islam

Batusangkar. PSI – Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam kembali menggelar diskusi online yang mengangkat tema manajemen stress di masa pandemi. Kegiatan ini urgen dilaksanakan mengingat kesehatan mental digadang-gadang berbagai kalangan sebagai salah satu tantangan dalam menjalani masa-masa serba terbatas seperti sekarang ini. 

Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu (30/5) ini langsung dibersamai oleh praktisi psikologi yang consent di bidang kesehatan mental. Fiona Ivella Mansyaf, S.Psi., M.Psi., Psikolog memaparkan kemungkinan beberapa gejala gangguan yang akan dihadapi ketika masyarakat menjalani kehidupan di tengah pandemi. Banyak perubahan tata cara dan perilaku masyarakat jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, seperti cara interaksi sosial, cara mengelola kegiatan dan lain sebagainya. Kondisi yang datang di tengah masyarakat akan memiliki dampak yang signifikan untuk perkembangan kesehatan mental bagi masyarakat di berbagai lapisan.

Dalam diskusi Fiona juga menambahkan pentingnya manajemen stress untuk meningkatkan kesehatan mental dilakukan dengan baik, sehingga tidak memunculkan masalah lain di kemudian hari, bahkan ketika pandemi masih berlangsung. Sri Santika Afni, mahasiswi jurusan Psikologi Islam, sebagai moderator juga memberikan kesempatan yang baik untuk mengulik bagaimana manajemen stress dipahami dengan mudah, bahkan dari beberapa tanggapan peserta konsep manajemen stress sendiri tanpa disadari telah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu pengajar di jurusan Psikologi Islam, Sri Putri Rahayu Z, M.A., memberikan apresiasi untuk HMJ Psikologi Islam yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Disamping kita tetap berhati-hati dan mengelola kesehatan mental dalam menghadapi pandemi, kita juga harus selalu berpartisipasi aktif dalam menggalakkan semangat hidup sehat baik sehat fisik maupun sehat mental, minimal untuk lingkungan keluarga dan tetangga sendiri, pungkasnya.[](zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage