Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Workshop SPSS Online Bersama HMJ Psikologi

Tanah Datar – Psi. Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Islam sukses menggelar workshop pada hari Rabu (20/5). Tema yang diusung adalah teknik analisis statistik dengan SPSS. Pemilihan tema dilatarbelakangi karena dekatnya lulusan psikologi dengan analisis data yang menggunakan data-data statistik untuk mengungkapkan peristiwa dan rahasia-rahasia manusia di bidang psikologis, sehingga sering juga terdengar istilah bahwa mahasiswa psikologi adalah salah satu rumpun keilmuan sosial yang belajarnya seperti anak matematika.
Kegiatan yang diselenggarakan melalui aplikasi online zoom ini dimoderatori oleh Hafizhah Alhusna yang juga merupakan mahasiswi yang sedang menimba ilmu di jurusan Psikologi Islam. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB ini menghadirkan narasumber utama dari praktisi psikologi yang consent pada analisis statistik. M. Antos Riyadi, S.Psi., M.A. langsung membersamai para peserta untuk mengulik seluruh persoalan dan strategi dalam analisis data statistik, terutama untuk keperluan analisis data psikologi.
Antos yang menamatkan pendidikan magister psikologi dari Universitas Gadjah Mada ini menyampaikan bahwa kelemahan mahasiswa dan praktisi di bidang ilmu sosial adalah analisis statistik, sehingga banyak yang memiliki pikiran instan bahwa dengan bergabung pada ranah ilmu sosial akan jauh dari persoalan angka. “hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar. Sehingga banyak peserta didik ilmu sosial yang terkesan tidak memiliki ketertarikan terhadap angka-angka, padahal analisa menggunakan angka sangat menyenangkan dan menantang” imbuhnya.
Moderator yang juga merupakan uni psikologi 2018, Hafizhah membagi sesi workshop ke dalam sesi materi dan sesi tanya jawab. Pemaparan materi workshop cukup jelas dan berjalan lancar. Beberapa evaluasi yang diberikan pada peserta workshop mendapatkan tanggapan positif, sehingga ada pertimbangan lagi untuk kembali menggelar kegiatan ini di kemudian hari. Kegiatan dapat dilangsungkan secara daring maupun dengan pertemuan langsung jika situasi sudah lebih baik pasca covid-19.[] (Zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage