Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

HMJ IPII Selenggarakan Diskusi Nasional Online

Tanah Datar – IPII. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Batusangkar menggelar diskusi nasional bertajuk membangun spirit literasi pada hari kamis (30/4) secara daring. Diskusi kali ini dibersamai langsung oleh Dr. Ngainun Naim dari IAIN Tulungagung. Acara ini diselenggarakan oleh HMJ Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam dengan tujuan membangkitkan kembali minat mahasiswa mengenai literasi yang sedemikian rupa seiring dengan perkembangan teknologi di era modern ini.

Kegiatan yang berlangsung via what’s app ini dimoderatori oleh Nella Mardiani yang merupakan mahasiswi Jurusan IPII. Pada perjalanannya, diskusi memberi ruang yang cukup luas bagi audience dalam menanggapi dan memberikan komentar. Beberapa komentar yang dapat terangkum oleh moderator lebih mengarah pada peningkatan spirit literasi bagi mahasiswa yang memiliki fokus pada literasi dan perpustakaan.

Pada penjabarannya, Ngainun, yang telah menerbitkan beberapa buku dan aktif dalam literasi nasional, menyampaikan bahwa banyak semangat anak muda yang tidak mendapatkan tempat dan perhatian bagi peningkatan wadah literasi, sehingga ide-ide mereka hanya bermuara di kepala saja. “pemuda yang berkecimpung di dunia literasi seharusnya lebih berani dalam mengungkapkan siapa dirinya dan bagaimana dunia seharusnya mengenalinya” imbuhnya.

Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat membuahkan karya-karya baru dari pegiat literasi yang dapat diandalkan di Indonesia, sehingga dapat memberikan pengaruh signifikan dan warna baru bagi warna literasi nasional. Banyak yang dapat dicapai oleh para pegiat meskipun kondisi pembatasan sosial saat ini yang semakin tidak menentu hingga kapan berakhirnya.[] (zain)

Share:

1 komentar:

  1. Keren, mahasiswa kreatif dalam kondisi wabah sekalipun.

    BalasHapus

Youtube

Fanspage