Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Direktur Eksekutif LSI menjadi Pemateri di Visiting Doctor Jurusan PPI

BATUSANGKAR, PPI – Pada hari Selasa (18/2) Jurusan Pemikiran Politik Islam IAIN Batusangkar sukses menggelar kegiatan Visiting Doctor. Kegiatan rutin tahunan ini mengangkat tema “Independensi Media dalam Politik Indonesia” yang dibersamai oleh Dr. Djayadi Hanan, S.Sos., MA. Pemilihan tema yang cukup menarik menjadi daya tarik bagi peserta untuk memenuhi Auditorium, ditambah dengan merebaknya isu mengenai perkembangan media  lebih ke arah sporadis dan pesat pada zaman sekarang ini.
Djayadi Hanan selaku Direktur Eksekutif Lembaga Survey Indonesia (LSI), dalam pemaparannya, menyampaikan bahwa tahun-tahun sekarang merupakan tahun politik yang memiliki resiko tinggi dalam penyalahgunaan media. Media-media yang sudah mengantongi izin, atau hanya sekedar media abal-abal yang meramaikan pemberitaan, mestinya sudah dapat dideteksi semenjak dini mengenai pelanggaran yang dilakukan.
"kekacauan-kekacauan dalam pemberitaan politik bagi beberapa media merupakan sebuah desain konflik yang sengaja diciptakan untuk memperkeruh suasana, sehingga masyarakat bingung harus mempercayai berita yang mana, hingga pada akhirnya semua berita menjadi bias, dan hal ini tentunya merugikan media-media yang telah berupaya berjalan pada koridor yang benar” paparnya ketika sesi tanya jawab.
Jauh dari itu, Djayadi yang merupakan pengajar tetap di Universitas Paramadina juga menekankan kepada seluruh peserta, terutama mahasiswa yang berlatarbelakang keilmuan politik dan pemikiran Islam agar lebih cerdas dalam mengawal perkembangan media yang semakin bersaing, bahkan sebagian besar mereka rela mengorbankan kekayaan intelektual demi meraup keuntungan dan popularitas. “Media harus independen tanpa ada tendensi dari manapun, meskipun realitas yang terlihat sekarang masih jauh dari harapan” tutupnya.[](Zain).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage