Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Persiapkan Skill Pustakawan, Himpunan Mahasiswa Perpustakaan Laksanakan Workshop Literasi

PADANG. Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam mengadakan acara Workshop Literasi pada hari Selasa (29/10). Acara yang dihelat di Aula Badan Perpustakaan dan Dinas Kearsipan Sumatera Barat dihadiri ini diberi tema “Melengkapi Puzzle Skill Pustakawan pada Era Milenial” dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Dr. Adripen, M. Pd, Dr. H. Zulkifli, MA, selaku Wakil Dekan III, Yuldelas Harmi, S.Ag.,SS.,MA, Khairina, S.H., M.H. dan Rika Jufriazia Manita, M.I.Kom yang merupakan tenaga pengajar di IAIN Batusangkar.
Materi pada kegiatan ini disampaikan oleh  Wardarusmen yang memfokuskan pada Penyusunan Data Dan Pembangunan Kearsipan di Badan Perpustakaan Dan Dinas Kearsipan Sumatera Barat, yaitu berupa  dokumen data dan informasi Bidang Perpustakaan dan Kearsipan yang disusun merujuk  pada  Lampiran I Permendagri No. 54 Tahun 2010  Tanggal 21 Oktober 2010 Tentang Tata Cara Pengolahan Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah. Data dan Informasi ini digunakan sebagai acuan  berisikan informasi tentang perkembangan perpustakaan dan kearsipan yang mencakup data informasi tentang Perpustakaan, seperti Jumlah Perpustakaan, tingkat kunjungan per-Tahun, Jumlah koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Provinsi maupun kabupaten/kota serta data dan informasi bidang Kearsipan.
Penyusunan Data dan Informasi pembangunan Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat merupakan bentuk upaya dalam menyiapkan dokumen yang berisi Data perkembangan Kelembagaan Kearsipan dan Perpustakaan di Sumatera Barat dan potensi pembangunan dilihat dari sektor Kearsipan dan Perpustakaan yang nantinya bisa digunakan sebagai data/informasi dalam menyusun kebijakan-kebijakan. Adapun tujuannya adalah menyajikan data potensi bidang Kearsipan dan Perpustakaan sebagai data penunjang untuk mengoptimalkan program pembangunan.
Rika Jufriazia Manita, M.I.Kom sebagai pemateri kedua pada kegiatan ini memberikan asumsi bahwa Pustakawan itu KEREN artinya Kreatif, Energik, Ramah, Empati, Nasionalis. Faktor yang dapat menunjang ke-keren-an pustakawan itu adalah: 5% Gedung Perpustakaan, 20% Koleksi, 75% Tenaga Perpustakaan.
Pada akhir kegiatan, panitia melakukan evaluasi berupa feedback dari setiap peserta atas kegiatan yang telah dilangsungkan. Evaluasi dilakukan dalam bentuk angket dan pertanyaan terbuka. “Evaluasi ini dinilai penting sebagai acuan untuk kegiatan serupa di masa mendatang lebih optimal” ungkap Rika pada sesi penutupan. [] (Rk/Z)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage