Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Jurusan PPI Sukses Lomba Membaca UUD 1945 dan Puisi Politik


PPI, Batusangkar – Sebagai ajang untuk membangkitkan jiwa nasionalisme siswa-siswa SMA/MA se Tanah Datar, Jurusan Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar menggelar lomba baca puisi politik dan membaca UUD 1945 pada Jumat (29/11). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari gelaran FUAD FAIR ke II dalam kemasan Politik Islam Expo yang diselenggarakan dari 28 sampai 30 November 2019.


“Alhamdulillah, kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh jurusan PPI berjalan dengan lancar. Kita memang bermaksud untuk membangkitkan semangat nasionalisme siswa-siswa SMA/MA ini, sekaligus juga sebagai ajang untuk menampilkan bakat-bakat mereka,” ungkap Dewi Dahlan selaku Dosen PPI sekaligus juri pada lomba tersebut.

Dewi menuturkan, kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk pendidikan politik. “Puisi politik yang kita lombakan itu untuk meransang otak siswa-siswa tersebut untuk jeli dalam melihat masalah politik yang ada, baik nasional maupun internasional. Nah masalah tersebutlah yang kemudian dingkat menjadi puisi dan dilombakan,” lanjutnya.


Pendapat tersebut diamini oleh Ulya Fitri yang juga dosen PPI dan juri lomba. Menurut Ulya, pendidikan politik penting ditanamkan sejak dini, agar masyarakat paham akan pentingnya memahami kondisi politik saat ini, khusunya krisis politik yang melanda umat Islam.

“Kita bisa contohkan krisis politik yang melanda Palestina. Bagaimana negara tersebut masih terjajah sampai saat ini. Sebagai anak-anak politik Islam tentunya kita harus peduli terhadap masalah tersebut,” ungkap Ulya.


Kegiatan lomba baca puisi politik dan membaca UUD 1945 ini sendiri disemarakkan oleh beberapa SMA/MA di Tanah Datar.  “Kita sangat senang dengan antusia siswa-siswa SMA ini. Bahkan ada yang semangat membacakan puisi tentang Palestina, bagaimana kehidupan masyarakat di negara tersebut tidak seenak masyarakat Indonesia saat ini,” ungkap Zafirah Qurroya Uyun yang juga juri dari lomba tersebut.

Dalam pagelaran FUAD FAIR II ini tidak hanya menyelenggarakan Politik Islam Expo tetapi juga kegiatan lainnya seperti Lomba Tahfidz, Lomba Mewarnai, Psikologi CUP, Lomba Karangan, Gebyar Psikologi, Festival Malamang dan Lomba Melamang dan berbagai kegiatan yang di kemas dalam menumbuhkan kreativitas pada mahasiswa FUAD seperti, Workshop Kepolisian, Lomba Fotografi, Bazar Kuliner, ICD EXSPO dan Seminar Anti Narkoba. [] (fajri)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage