Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

FUAD IAIN Batusangkar Sukses Menggelar Seminar Internasional Komunikasi Antar Bangsa

Batusangkar. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar menyelenggarakan seminar internasional dengan tema Komunikasi Antar Bangsa pada hari Kamis (31/10). Kegiatan ini diselenggarakan dengan kerjasama antara Fakultas FUAD dengan Pusat Pengkajian Islam UiTM Melaka di Malaysia. Kegiatan yang bertajuk komunikasi ini juga menawarkan adanya penyegaran dalam berbagi pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya prinsip komunikasi yang baik, terutama bagi pendakwah, maka tema yang dibahas dalam penjabarannya adalah Etika Komunikasi bagi pendakwah, sehingga diharapkan peserta yang merupakan calon pendakwah di masa depan memiliki nilai-nilai yang harus diperhatikan tersebut.

Prof. Madya Dr. Salahudin, sebagai ucap tama, langsung didatangkan dari Malaysia, menyampaikan bahwa etika komunikasi zaman sekarang sudah mengalami pergeseran dibandingkan dengan zaman dahulu seiring dengan perkembangan teknologi era 4.0, bahkan sekarang sudah mulai memasuki babak era 5.0. Tantangan yang akan dihadapi tentunya semakin kompleks, karena komunikasi yang dilakukan saat ini tidak terbatas oleh ruang dan wilayah. Kita dapat melakukan komunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Implikasi dari terbukanya ruang komunikasi tentunya menjadikan masyarakat harus lebih menata etika dalam berkomunikasi. Pemateri juga mengatakan bahwa saat ini tidak sedikit konflik yang terjadi di dunia ini yang disebabkan oleh kesalahan dalam komunikasi bahkan hanya merupakan masalah bagaimana menempatkan diri dalam koridor norma komunikasi.

Selain Prof. Salahudin dari Malaysia, seminar internasional juga dibersamai oleh Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Kasmuri, M.A., bertindak dalam membuka acara serta menyajikan materi dalam format keynote speaker. Beliau menyampaikan bahwa penting sekali bagi kita untuk menjaga pola komunikasi, terutama dalam berdakwah. Jangan sampai tujuan mulia dakwah ternodai hanya gara-gara komunikasi yang dilakukan tidak sesuai etika. “Percuma saja berdakwah jika bahasa yang disampaikan menyakitkan dan jauh dari sarat etika” imbuhya.

Kegiatan seminar internasional komunikasi antar bangsa menghadirkan seminar paralel, guna menunjang kegiatan utama, yang berlangsung di kelas-kelas yang lebih kecil. Kelas paralel dilangsungkan dengan pembicara dari UiTM dan FUAD IAIN Batusangakar. Desain kelas lebih menonjolkan bentuk join seminar yang diharapkan dapat memadukan pengetahuan dari bidang yang berbeda, sehingga mampu menghadirkan materi yang terintegrasi. Dr. Adripen, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwa IAIN Batusangkar, mengatakan bahwa Kegiatan join seminar yang dibungkus dengan acara seminar internasional antar bangsa ini diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat kita dalam menjalin kerjasama dan berbagi pengetahuan, khususnya pengetahuan lintas negara dan lintas keilmuan. “melalui acara ini kita dapat membuktikan bahwa FUAD memang memiliki integritas dan kemampuan dalam menjalin kerjasama dan melaksanakan kegiatan semacam ini, bahkan kita akan mengembangkan lagi ke depannya” tutupnya. [] (zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage