Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Revitalisasi Jurnalistik dan Broadcasting menjadi Kajian Utama Visiting Doctor KPI

Batusangkar-FUAD. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah melaksanakan kegiatan Visiting Doctor. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (10/10) dan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB di ruangan Auditorium IAIN Batusangkar. Kegiatan Visiting Doctor sendiri merupakan ranah bagi civitas kampus dalam menggali informasi dan saling berbagi pengetahuan dari ahli di bidangnya. Pada kesempatan ini jurusan KPI menghadirkan pembicara Dr. Wakidul Kohar M. Ag., dengan mengambil tema Revitalisasi Jurnalistik dan Broadcasting di Indonesia.
Pemateri yang juga merupakan Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang menyampaikan bahwasanya pengambilan peran bagi mahasiswa dalam dunia jurnalistik masih belum optimal, meskipun sudah terlihat beberapa pergerakan mahasiswa yang mulai mewarnai beberapa lembaga penyiaran. Hal ini merupakan sebuah tantangan bagi pendidik, maupun bagi mahasiswa sendiri, terutama yang berasal dari jurusan penyiaran dan broadcasting, agar pergerakan mahasiswa ini mendapat porsi yang lebih banyak, tentunya didukung dengan kesiapan hard skill dan soft skill yang dimiliki. Selain itu, broadcasting dan jurnalistik hingga saat ini masih merupakan sebuah studi yang menarik di Indonesia, dibuktikan dengan banyaknya animo masyarakat yang menginginkan anak-anak mereka menjadi tim broadcasting atau tim jurnalis.
Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar, Dr. Adripen, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sudah merupakan hal yang tepat bagi persiapan mahasiswa untuk mendalami dunia jurnalis dan broadcasting. Banyak hal yang perlu disiapkan oleh lembaga untuk meningkatkan integritas para mahasiswa menimbang perkembangannya juga sangat pesat sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
Hal serupa juga disampaikan oleh Syafriwaldi, M.A., selaku panitia dan salah satu Pengajar Jurusan KPI, ketika ditemui pada penutupan acara yang mengatakan bahwa acara visiting doctor sejatinya adalah upaya untuk memunculkan gagasan baru untuk merancang kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan kedepannya. Menemukan ide dan memberikan motivasi kepada peserta didik merupakan tujuan utama atas penyelenggaraan kegiatan. Beliau juga mengharapkan kegiatan visiting doctor harus selalu ditingkatkan, sehingga semakin banyak manfaat yang akan diterima, baik bagi peserta maupun untuk penyelenggara. [] (zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage