Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Untuk Menghadapi Akreditasi, Jurusan PMI Lakukan Audit Internal

BATUSANGKAR. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) IAIN Batusangkar melaksanakan audit untuk persiapan borang standar 7 pada hari Rabu (14/8) di ruang Ketua Jurusan, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Audit dilaksanakan guna mempersiapkan berkas dan administrasi untuk menyongsong akreditasi yang akan diajukan pada tahun berikutnya. Jurusan PMI yang sudah berdiri lebih dari 2 tahun yang lalu mendatangkan auditor IAIN Batusangkar, sehingga banyak masukan dan saran yang diberikan untuk perbaikan berkas serta kekurangan data. 


Rahmawati, M.Pd., selaku ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam mengatakan bahwa audit ini dilakukan guna mempersiapkan diri untuk menuju akreditasi. “meskipun belum tahu mengajukan akreditasi kapan, yang jelas kita harus selalu siap dari jauh-jauh hari” pungkasnya. Persiapan demi persiapan seyogianya menjadi rutinitas dalam administrasi dan manajemen jurusan, sehingga ketertiban administrasi jurusan akan terlihat sepanjang waktu. “Bukan berarti kalau kita tidak mengajukan akreditasi, cuek-cuek aja” tambahnya di akhir sesi audit.
 

Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam yang sering dikategorikan sebagai jurusan langka peminat di beberapa universitas mestinya mendapat perhatian khusus, baik dari pengelola maupun dari institut secara lebih luas. Perhatian dapat diberikan berupa pendampingan dan monitoring yang lebih intens sehingga pengembangan keilmuan meningkat dengan pesat, serta dibarengi manajemen jurusan yang epik. Standar yang diberikan ketika akreditasi hanyalah sebagai tools bagaimana sebuah jurusan dapat menjalankan fungsinya, tentunya dibuktikan dengan laporan, arsip dan bukti fisik. [] (zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage