Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Mahasiswa KPI IAIN Batusangkar



BATUSANGKAR – Dalam upaya pengembangan kompetensi mahasiswa, HMJ KPI Fakultas Ushuluddhin Adab da Dakwah IAIN Batusangkar mengadakan pelatihan kepemimpinan tingkat dasar bagi mahasiswa-mahasiswa pada, Senin, 8 Juli 2019. 

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Dr. Rizal, M.Ag selaku Warek III bidang kemahasiswaan IAIN Batusangkar dan Yarman, S.Ag., MA selaku Kepala Bagian Akama IAIN Batusangkar.

Pelatihan Kepemimpinan tingkat dasar ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. Adripen, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan FUAD Menyebutkan bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Untuk menjadi pemimpin diperlukan proses kaderisasi dan pembelajaran di organisasasi.

“banyak contoh saat ini bahwa pemuda bisa menjadi pemimpin, karena itu pelatihan dan training mutlak di perlukan untuk meningkat kapasitas diri pemuda” sebut Adripen.

Dalam materinya Dr. Rizal, M.Ag yang juga merupakan Wakil Rektor III IAIN Batusangkar juga menjabarkan bahwa Etika Komunikasi yang dibangun dalam organisasi . 

“Cara komunikasi yang diajarkan Al Quran merupakan model yang mesti dibangun dalam berorganisasi. Ada tujuh model komunikasi dalam Al-Qur’an; qawlun ma’ruf/perkataan yang baik, qawlun tsabit/ucapan yang teguh, qawlun sadid/perkataan yang benar, qawlun maysur/ucapan yang layak dan pantas, qawlun baliqh/ucapan yang efektif dan efisien, qawlun karim/perkataan yang mulia, dan qawlun layyin/tutur kata yang lemah lembut. Di samping itu, Yusuf juga memperkuat model etika komunikasi berdasarkan kearifan lokal Minangkabau , yaitu Kato Nan Ampek (Kato mandaki, Kato manurun, kato mandata dan kato malereng),” Jelasnya.

Kegiatan ini juga menampilkan narasumber Yarman, S.Ag., MA yang juga merupakan Kabag AKAMA IAIN Batusangkar. Dalam materinya, Yarman menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan Program kerja dari HMJ KPI IAIN Batusangkar. 

Di harapkan dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berkarakter dan berwawasan luas kepada mahasiswa serta mewujudkan organisasi yang terorganisir.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Youtube

Fanspage