Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Monitoring Mahasiswa KKN IAIN Batusangkar di Nagari Guguak Malalo


FUAD, Batusangkar – Pendampingan dan pengawasan terhadap kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa IAIN Batusangkar tentunya perlu dilakukan. Selasa (16/7), Tim KKN melakukan monitoring di salah satu lokasi tempat mahasiswa melakukan KKN yaitu di Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan.

Dr. Adripen, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar yang menjadi salah satu tim Dosen Pendamping Lapangan (DPL) menuturkan, monitoring yang dilakukan sebagai bentuk pendampingan sekaligus pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di lapangan.


“Kita terjun ke lapangan melihat langsung bagaimana mahasiswa ini berkontribusi langsung di dalam masyarakat serta juga belajar dari masyarakat. Melalui monitoring ini juga kita dapat tau apa saja kendala yang mereka hadapi di lapangan, serta kita kasih masukan-masukan ke depannya untuk kegiatan KKN yang lebih terasa nyata oleh masyarakat,” ungkap Adripen.

Adripen menuturkan, kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh IAIN Batusangkar menjadi salah satu bentuk nyata dalam implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang pengabdian. “Di sinilah keberadaan kampus itu dirasakan langsung oleh masyarakat, jadi mahasiswa tidak hanya terpaku belajar di kelas saja, tapi yang paling penting adalah terjun ke tengah-tengah masyarakat,” terangnya.


Kegiatan KKN tahun ini diikuti sebanyak 1297 mahasiswa IAIN Batusangkar yang berlokasi di 154 Jorong, 30 Nagari, 7 Kecamatan dan 4 Kabupaten di Sumatera Barat. Terdiri dari Kabupaten Tanah Datar, Pasaman Solok dan Kabupaten Sijunjung. Kegiatan KKN berlansung slama 42 hari dari 17 Juni hingga 26 Juli 2019 dengan melibatkan 41 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). []

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage