Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Dekan FUAD IAIN Batusangkar Mengikuti FGD di Bappeda Sumbar

BATUSANGKAR. Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Dr. Adripen, M.Pd., mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) untuk fiksasi draft buku Pedoman Pengamalan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah yang berlangsung pada hari Rabu (10/7). Acara FGD ini menghadirkan beberapa tokoh dari berbagai institusi guna menemukan kesepakatan dan saran-saran untuk kesempurnaan pedoman yang diusulkan. Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Lantai 3, Bappeda Provinsi Sumatera Barat dan dimulai pukul 08.00 WIB ini menghasilkan segudang ide-ide untuk keberlanjutan perkembangan Sumatera Barat khususnya di bidang pengamalan nilai ABS-SBK.
Seiring dengan Visi Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Sumatera Barat tahun 2016-2021, yakni terwujudnya Sumbar yang madani dan sejahtera, Forum ini menyambut visi pembangunan dengan misi utama, yaitu meningkatkan tata kehidupan yang harmonis, agamis dan berkebudayaan. Pengamalan nilai-nilai adat sejatinya diiringi dengan pemahaman mengenai falsafah Adat Basandi Syara’, dan Syara’ Badansi Kitabullah, baik dalam ranah tekstual maupun kontekstual.
FGD yang turut dihadiri oleh Komisi V DPRD Sumatera Barat dan Pejabat Eselon di lingkungan Kemenag Sumatera Barat membuktikan adanya upaya yang serius dari berbagai kalangan mengenai pengamalan nilai ABS-SBK di kehidupan masyarakat, meskipun masifnya perkembangan dan pengaruh budaya dari berbagai daerah, seperti budaya Eropa maupun budaya timur yang lain. Pada sesi akhir forum, atas nama pemerintah Sumbar yang diwakili dari berbagai instansi, bersama-sama mendukung untuk menyukseskan penyelesaian draft untuk pedoman pengamalan ABS-SBK. [] (zain)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage