Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen: Motivasi Riset dan Publikasi Ilmiah Bereputasi

BATUSANGKAR. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar menyelenggarakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi dosen yang berlangsung mulai hari ini (22/6). Kegiatan workshop ini dilakukan sebagai bentuk dan kiat dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dalam menunjang kompetensi dosen sebagai persiapan dalam menghadapi tantangan dan tuntutan bagi tenaga pendidik secara profesional. Acara workshop yang dilaksanakan di kampus IAIN Batusangkar mengusung beberapa topik yang menjadi pokok pembahasan, diantaranya mengenai strategi untuk peningkatan daya riset dan publikasi ilmiah, serta perancangan metode pembelajaran bagi mahasiswa sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Pada sesi pertama, kegiatan workshop peningkatan kompetensi dosen Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah juga dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Akademik, Dra. Desmita, M.Si, sekaligus membuka acara secara resmi. Desmita menyampaikan bahwa kegiatan workshop peningkatan kompetensi dosen sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja dosen di lingkup IAIN Batusangkar. Dalam sambutannya, Desmita juga mengatakan bahwa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dapat menjadi trend baru bagi lingkungan IAIN Batusangkar dalam mengembangkan kompetensi berbasis riset dan teknologi yang tentunya akan mengangkat nilai lebih bagi fakultas, maupun bagi IAIN Batusangkar secara umum.

Kegiatan workshop hari pertama dibersamai oleh Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono dari Universitas Negeri Malang. Prof. Bambang menyajikan materi tentang strategi untuk menghasilkan kualitas riset bagi dosen, sehingga dapat mendongkrak publikasi, baik secara nasional maupun global. Banyak jurnal-jurnal internasional yang dapat diaplikasikan sebagai role model dalam melakukan riset, sehingga publikasi ilmiah akan memperkaya keilmuan di tingkat perguruan tinggi, khususnya yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

Prof. Bambang yang juga merupakan salah satu reviewer nasional di lingkup Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi menganjurkan setiap dosen seyogianya mengusulkan proposal penelitian yang tentunya disesuaikan dengan bidang keahlian yang ditekuni. Proposal penelitian yang diajukan hendaknya dilengkapi dengan perencanaan berupa roadmap penelitian sebagai bentuk keberlanjutan untuk hasil riset tersebut. Roadmap yang ditulis mengacu pada rencana strategis pengembangan riset universitas yang dapat dijadikan landasan sebagai bentuk keberlanjutan dan persebaran keilmuan dari kampus sebagai reputasi instansi perguruan tinggi.
Pada kompetensi dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, penelitian memiliki peran yang sangat penting untuk terus dikembangkan. Kegiatan workshop yang diikuti kurang lebih 30 peserta ini diharapkan menghasilkan output dalam bentuk rancangan penelitian yang dapat diajukan pada instansi terkait. Pengajuan usulan dapat berbentuk kelompok maupun individu yang pembiayaannya disesuaikan dengan aturan instansi yang dituju. Di akhir sesi, Prof. Bambang juga mengharapkan kegiatan penelitian/riset dosen di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan IAIN Batusangkar secara umum mengalami peningkatan agar tercipta nuansa pendidikan di perguruan tinggi berbasis riset yang sejalan dengan kemajuan teknologi.  [] (zain)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage