Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Rehlah Dakwah Kembali Digelar Sasar Nagari Tabek

FUAD, BATUSANGKAR – Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar kembali menggelar kegiatan Rehlah Dakwah. Kegiatan yang dilakukan dari Jumat hingga Minggu (3-5/5) ini dilakukan di 5 lokasi di Nagari Tabek, Kabupaten Tanah Datar yaitu Mesjid Baitul Hamdi Tabel, Masjid Suroh Tabek, Musholla Surau Gadang, Musholla Darul Hikmah Cenang dan Masjid Abrar Bulu Kasok. 

“Kegiatan Rehlah Dakwah memang dimaksudkan untuk mengoptimalkan peran mahasiswa dalam menyemarakkan kajian-kajian keislaman sekaligus sholat bejamaan di Masjid dan Mushalla yang ada di Nagari Tabek ini,” ungkap Dr. Andripen, M.Pd selaku Dekan FUAD IAIN Batusangkar.

Andripen menuturkan, dalam kegiatan Rehlah Dakwah ini para mahasiswa ditempatkan di 5 lokasi yang telah ditetapkan tersebut dengan masing-masing kelompok berjumlah 7 orang. Masing-masing kelompok akan didampingi oleh 1 orang dosen pembimbing lapangan.


“Kita berharap memang melalui kegiatan ini, para mahasiswa terlibat lansung ke dalam masyarakat. Menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman lansung di lapangan yang bersentuhan dengan masyarakat sehingga mereka nantinya paham bagaimana merusmuskan dan merancang metode dan strategi dakwah kepada umat Islam agar agama ini semakin mudah dipahami masyarakat luas,” lanjut Andripen.

Dr. Zulkifli, MA selaku penanggungjawab kegiatan Rehlah Dakwah juga menekankan pentingnya kegiatan ini bagi mahasiswa. “Secara khusus dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mampu meningkatkan keimanan dan ketagwaan serta memperluas kedalaman ilmu dalam bidang dakwah yang akhirnya mampu menjadikan mahasiswa memiliki skil di bidang agama dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang digeluti,” ujarnya.


Zulkifli juga berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang dirasakan lansung oleh masyarakat. “Dengan kegiatan ini, IAIN Batusangkar khususnya FUAD hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pengaplikasian ilmu bagi para mahasiswa. Karena pengabdian ini menjadi bagian penting dari berdiri kampus IAIN di Batusangkar ini,” pungkasnya. [] 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage