Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar

Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Selenggarakan Orientasi Bimbingan Intensif Tahfidzul Qur'an

BATUSANGKAR, 16 April 2019. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah menggelar kegiatan bimbingan intensif tahfidzul Qur’an. Acara tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kecakapan dan kemampuan mahasiswa, khususnya yang menimba ilmu di Jurusan IAT (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir) dalam lingkungan IAIN Batusangkar terhadap pemahaman dan kelihaian dalam Tahfidz Qur’an. Melibatkan seluruh mahasiswa merupakan goal yang ingin dicapai, meskipun yang hadir hanya sekitar 80-an peserta.


Orientasi bimbingan intensif Tahfidzul Qur’an ini dilaksanakan di kampus IAIN Batusangkar, tepatnya di Fakultas Ushuluddin, Adab dab Dakwah. Ustadz Aulia Rafles, Lc. dan Ustadz Dafri, S.Pd.I yang berkesempatan memberikan materi kepada peserta berharap ke depannya mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir lebih memantapkan diri dalam masalah Tafsir, baik secara tekstual maupun kontekstual. Banyak pemahaman-pemahaman saat ini yang beredar di masyarakat luas dan menuai kontroversi dikarenakan kurangnya pemahaman yang mendalam. 
Dalam bimbingan intensif, para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 8 orang per kelompoknya. Kemudian masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang pendamping dengan harapan bimbingan akan dapat didampingi secara mendalam. Drs. Syamsuwir, M.Ag., dan Dapit Amril., SIQ., M.A., perwakilan pendamping kelompok tahfidz menggunakan metode-metode yang kreatif sehingga peserta bersemangat dan bersungguh-sungguh ketika berdiskusi maupun ketika bimbingan.
Kegiatan orientasi bimbingan intensif Tahfidzul Qur’an, kedepannya, diharapkan dapat terus berkembang. Tidak hanya terbatas pada mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, tetapi juga menarik minat kelompok studi lain, tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing keilmuan. Senada dengan hal tersebut, Hafizullah, M.A., salah satu dosen Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, mengatakan bahwa Tahfidzul Qur’an terbuka untuk siapa saja yang berminat mendalaminya, tentunya dengan bimbingan dan sesuai dengan tahapan yang dapat dipertanggungjawabkan. (*) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Youtube

Fanspage