Workshop Kompetensi Profesional Dosen FUAD


Padang, Rabu-Kamis 4-5 April 2018 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar menyelenggarakan workshop kompetensi profesional dosen selingkup FUAD dengan mengangkat tema “Dosen FUAD Siap Memulai Pembelajaran Berbasis E-Learning”.
Hadir pada acara tersebut Rektor IAIN Batusangkar, Dekan FUAD, Wakil Dekan I FUAD, Wakil Dekan II FUAD, Wakil Dekan III FUAD, Kabag TU FUAD, Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ketua Jurusan Psikologi Islam (PI), Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan Islam (IPI), staff, dan dosen selingkup FUAD IAIN Batusangkar.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Drs. Adripen, M. Pd.  menyampaikan harapannya agar segenap dosen selingkup FUAD dapat menggunakan e-campus dalam proses pembelajaran. E-learning merupakan terobosan dalam terselenggaranya proses belajar-mengajar yang efektif dan efisien di IAIN Batusangkar. Pengelolaan yang dimaksud antara lain mulai dari pendataan (mahasiswa baru, dosen, fakultas, prodi, mata kuliah, kurikulum, dll.), penjadwalan perkulihan, kegiatan belajar mengajar (presensi/absensi kuliah, pemberian materi, quiz, UAS, UTS, dll.), pelaporan data, sampai dengan pembimbingan skripsi.
Acara yang diselenggarakan di Hotel Ibis Padang ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Kasmuri, M. A. Melalui kesempatan ini ia menyampaikan bahwa dosen merupakan pendidik yang profesional sekaligus ilmuwan yang memiliki tugas utama untuk melakukan transformasi, pengembangan, dan penyebarluasan seni dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Menurutnya, dosen pada hakikatnya merupakan pelayan mahasiswa. Dosen yang profesional bukan hanya dosen yang cerdas dan terampil. Dosen yang profesional ialah dosen yang kehadirannya sangat diharapkan dan dirindukan mahasiswa.

Acara inti disampaikan langsung oleh Dr. Imam Marzuki Shofi, M. T. dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang memaparkan terkait pengelolaan profil dosen, pengelolaan mahasiswa bimbingan akademik (proses persetujuan KRS), pengelolaan pelaksanaan perkuliahan, dan bimbingan tugas akhir.  Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan apresiasinya kepada FUAD IAIN Batusangkar yang telah memanfaatkan teknologi informasi seperti pembelajaran digital di era revolusi industri 4.0. (tyw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar