Pojok Lensa Mengubah Dunia Dengan Tinta


Batusangkar, Selasa 24 April 2018. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) terus berusaha meningkatkan mutu, kali ini dengan mendatangkan pakar Jurnalistik dalam negeri. Dalam rangka mengupgrade pengetahuan, kemampuan, dan keahlian kepenulisan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), maka jurusan KPI FUAD menyelenggarakan acara Visiting Doctor dengan mengangkat tema “Mengubah Dunia Dengan Tinta” di Auditorium IAIN Batusangkar.
Hadir pada kesempatan ini, Drs. Adripen, M. Pd selaku Dekan FUAD IAIN Batusangkar, Dr. Irman, M. Pd selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FUAD, Zulkifli S. Ag., M. H. I selaku Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (Kajur KPI FUAD), Irwandi, M. A selaku Koordinator Gugus Kendali Mutu FUAD, dosen, staff, dan segenap mahasiswa KPI FUAD IAIN Batusangkar.
Acara tersebut disambut dan dibuka langsung oleh Dekan FUAD IAIN Batusangkar, Drs. Adripen, M. Pd. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan apresiasinya kepada segenap civitas KPI FUAD yang telah menghadirkan General Manager Harian Umum Sumbar sebagai narasumber tunggal pada acara Visiting Doctor kali ini.
Dengan mendatangkan praktisi jurnalis ke KPI, maka diharapkan kemampuan jurnalistik mahasiswa KPI semakin terasah. Menulis bukan hanya sebatas kemampuan menuangkan bahasa. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, seseorang memerlukan wawasan yang luas dan kemampuan analisis yang tajam. Seorang jurnalis harus mempunyai kemampuan tersebut agar tulisannya bermanfaat dan bermakna bagi orang lain. “Jika ingin menguasai dunia, maka kuasailah bahasa. Jika ingin merubah dunia, maka lakukanlah dengan tinta, tuturnya”.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipaparkan oleh Firdaus Abie, S. Sos selaku General Manager Harian Umum Rakyat Sumbar. Melalui kesempatan ini, ia menerangkan strategi dalam penulisan yang efektif dan efisien. Sebelum menulis, seseorang harus memahami dan mampu mendefinisikan topik atau tema, mengenal pembaca dan membuat alokasi waktu, melakukan riset, memulai menulis bebas, membuat paragraf pertama yang menarik, membangun tubuh tulisan yang ideal, dan menutup tulisan dengan kesimpulan.
Adapun ide dalam penulisan dapat diperoleh dengan mengoptimalkan seluruh indra melalui berbagai aktivitas harian dan dengan mengutip ide dari tokoh yang kita bayangkan, mengutip ide dari setting yang kita rencanakan, dapat juga mengolah ide dari ending cerita yang kita temukan. (tyw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar